MURSINAH, NIM. 092338136 (2016) METODE PEMBELAJARAN SENTRA IMAN DAN TAQWA DI KELOMPOK BERMAIN BUDI MULIA JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
MURSINAH_METODE PEMBELAJARAN SENTRA IMAN DAN TAQWA DI KELOMPOK BERMAIN BUDI MULIA JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Anak – anak merupakan aset penerus kelangsungan agama, bangsa, dan negara yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam segala hal. Anak juga merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dididik menjadi insan yang berilmu, beriman, dan bertaqwa. Karena mereka lah yang pada akhirnya nanti menggantikan posisi dan fungsi strategis dalam pembangunan di masa depan. Untuk membentuk anak –anak menjadi insan mulia haruslah dimulai sejak mereka masih dalam usia dini.Hendaknya orang tua tidak hanya mendidik anak menjadi pandai dalam ilmu pengetahuan dan keduniawian saja, tetapi lebih mengedepankan nilai – nilai agama dan moral sebagai pondasi dasar dalam kehidupan mereka. Pengetahuan agamalah yang pada akhirnya akan menjadi pedoman hidup kelak apabila mereka dewasa. Generasi berilmu tanpa Iman dan Taqwa akan menciptakan masyarakat yang rusak dan tidak bermoral yang lambat laun dapat menghancurkan bangsa dan agama. Pentingnya pendidikan agama dan moral menjadi dasar utama Kelompok Bermain Budi Mulia mengedepankan pembelajaran sentra Iman dan Taqwa. Dengan materi yang menarik dan metode yang beragam diharapkan mampu membawa peserta didik kedalam suasana belajar yang menyenangkan dan mudah dimengerti oleh anak usia dini. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran pada sentra Iman dan Taqwaserta metode apa saja yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar Kelompok Bermain Budi Mulia. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, dewan guru dan pengurus PKK Jatisaba. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran di sentra Iman dan Taqwa meliputi aspek Aqidah, Akhlak dan Ibadah. Materi – materi tersebut disampaikan melalui metode bercerita, menyanyi, pembiasaan, keteladanan, bermain, bercakap –cakap, demonstrasi, dan penugasan. Pemilihan metode yang tepat dan sesuai perkembangan anak menjadi kunci keberhasilan pembelajaran. Dengan metode yang menyenangkan dan bervariasi diharapkan mampu menarik minat anak dalam belajar nilai – nilai Agama dan Moral, xi sehingga tercipta generasi Islam yang tidak hanya berilmu tetapi juga ber Iman dan ber akhlak mulia. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Sentra Iman dan Taqwa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |