PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MAARIF NU 3 PASIR KIDUL

Tia Desianti, 1522405116 (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MAARIF NU 3 PASIR KIDUL. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
TIA DESTIANTI_PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Model cooperative learning tipe STAD merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang dimana pelaksanaannya melalui beberapa langkah yakni, pemberian motivasi, pembagian kelompok, presentasi materi dari guru, kegiatan belajar dalam tim, kuis dan pemberian reward atau hadiah bagi kelompok yang dapat mengumpulkan jumlah nilai tertinggi. Tujuan dari model cooperative learning tipe STAD adalah memberi kesempatan peserta didik untuk lebih aktif, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berbagi gagasan, dan berlatih bekerja dalam tim. Selain itu juga untuk meningkatkan rasa tanggung jawab yang ada pada diri masing-masing peserta didik. Model cooperative learning tipe STAD juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Maarif NU 3 Pasir Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran tematik dengan langkah-langkah pemberian motivasi, pembagian kelompok, presentasi dari guru, kegiatan belajar dalam tim, kuis, dan pemberian reward atau hadiah yang dapat berajalan dengan baik. Hal ini terlihat ketika pembelajaran peserta didik cenderung aktif dan berpartisipasi dengan baik. Mereka saling bertukar pikiran dan bekerja sama sesama anggota kelompok dan memiliki rasa semangat dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning tipe STAD, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:04
Last Modified: 24 Jul 2019 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

View Item View Item