PENGEMBANGAN LAGU ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, MANDIRI DAN PEDULI LINGKUNGAN

Afief, Khulqian (2019) PENGEMBANGAN LAGU ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, MANDIRI DAN PEDULI LINGKUNGAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
KHULQIAN AFIEF_PENGEMBANGAN LAGU ANAK SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, MANDIRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Bernyanyi merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran bagi anak usia dini, dan lagu adalah sebagai medianya. Kalau saat ini Kemendiknas mencanangkan pendidikan karakter pada semua jenjang, maka sudah seharusnya jika lagu-lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak usia dini juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan. Pembentuan karakter dapat silakukan melalui peroses yang diintegrasikan melalui mata pelajaran, muatan lokal dan kegiatan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lagu anak sebagai sarana yang dapat digunakan dalam rangka pembentukan karakter bagi anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kefektifan produk tersebut. Pengembangan lagu anak yang telah dilakukan peneliti melalui beberapa langakah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain serta uji coba produk. Hasil penelitian ini adalah dua produk lagu anak yang menyentuh niali karakter religius, mandiri dan peduli lingkungan. Dua produk lagu ana tersebut yaitu lagu anak yang berjudul “Jangan Buang Sampah Semarangan” dan lagu anak yang berjudul “Anak Mandiri”. Produk lagu anak tersebut telah melalui penilaian dan diperoleh penilaian ahli materi yaitu mendapatkan presentase skor rata-rata 100%, kemudian penilaian ahli media yang mendapatkan presentase skor rata-rata 92,5% dan penilaian guru kelas yaitu 5 guru kelas TK Negeri Nusawung dengan presentase rata-rata skor 100%, 100%, 96,92% , 96,92% dan 96,92%. Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa produk lagu anak yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pengembangan Lagu Anak, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 24 Jul 2019 05:58
Last Modified: 24 Jul 2019 05:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item