IMPLEMENTASI PROGRAM BTA DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA CILONGOK BANYUMAS

Ilham Nur, Kholis (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM BTA DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
ILHAM NUR KHOLIS_IMPLEMENTASI PROGRAM BTA DI MI MA’ARIF NU 1 RANCAMAYA CILONGOK KABUPATEN BANYUMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai pelaksanaan tentang kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, maka diperlukan adanya kesadaran dari pengelolaan sekolah, untuk memberikan bimbingan khusus kepada siswa-siswinya agar menguasai baca tulis al-Qur’an dengan benar sebagai rangka menunjang hasil prestasi mata pelajaran Al-Quran Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program BTA di MI Ma’arif NU 1 Rancamaya Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif melalui 4 aspek manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program BTA dilakukan oleh penyelenggara untuk menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program BTA dipergunakan agar efektif dan efisien. Pengorganisasian dalam program BTA ini menetapkan struktur organisasi, merumuskan tugas serta menetapkan standar operasional prosedur serta menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan posisi. Pelaksanaan program BTA yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan pada tahapan pembudayaan membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu tahap pembiasaan yang berisi cara madrasah membiasakan siswa siswi untuk membaca dan membangun lingkungan yang agamis. Evaluasi merupakan usaha untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam pencapaian kompetensi. Evaluasi yang dilakukan guru pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma‟arif NU 1 Rancamaya adalah penilaian tes. Keberasilan seorang guru dalam mengajar tidak hanya ditentukan dari nilai yang didapat oleh siswa, tetapi juga. Penilaian dengan melihat perilaku dan keaktifan siswa dalam mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program BTA, MI Ma’arif NU 1 Rancamaya Cilongok
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 25 Jul 2019 00:52
Last Modified: 25 Jul 2019 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item View Item