PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

TUMINAH, 1522402080 (2019) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
TUMINAH_PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP HASIL BEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dari metode yang digunakan. Guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, dalam melakukan tugas pembelajaran. Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMAN 1 Baturraden menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di sekolah masih menggunakan pendekatan konvensional seperti ceramah, merangkum dan resitasi yang tidak memberikan kebebasan kepada siswa untuk aktif di kelas sehigga siswa bosan dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara terus menerus tanpa metode yang baru. Sehingga perlu adanya solusi agar pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih menarik dan membuat siswa menyukai pelajaran Penddikan Agama Islam. Salah satu metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berorientasi pada pengamalan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari adalah metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review ( SQ4R) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimen. Penelitin ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode SQ4R sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai varibel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X yang berjumlah 365 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teksik purposive sampling diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk benar salah. Materi yang digunakan adalah Perjuangan Dakwah Rasulullah di Madinah. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai pre-test kelas ekperimen yaitu 84,17, dan nilai post-test kelas ekperimen yaitu 89,17, kemudian nilai rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 76,47 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 85,59. Hasil uji hipotesis menggunakan paired samples test menunjukan bahwa Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa ɑ = 0,05 lebih besar dari nilai sig (2-tailed) atau (0,05˃ 0,00) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ4R terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review ( SQ4R), Hasil Belajar Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:07
Last Modified: 23 Jul 2019 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item