PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DI SD ISLAM AL-IZZAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Nisa Falahia, 1223301121 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DI SD ISLAM AL-IZZAH KARANGSALAM KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NISA FALAHI_PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA DI SD ISLAM AL-IZZAH KARANGS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Beragammasalah yang terjadi di Negara Indonesia iniberawaldarikrisismoral.Banyakfaktor yang menyebabkankrisis moral dalam Negara kita.Tudinganpun telahtertujupadaduniapendidikan.Pendidikanselamainidianggapgagaldalammendidikanak-anakdidiknya.Pendidikan di Indonesia sebagianmasihmengartikanpendidikansebagaitransfer of knowledgebukantransfer of value.JadiduniapendidikanterutamapendidikanIslam dianggaptelahgagalmenanamkannilai-nilaipendidikan AgamaIslam.Dalampenyampaiannilai-nilaipendidikan agama Islam itubisamelaluiberbagai program danbeberapastrategipembiasaanmerupakansalahsatucarauntuk menanamkan nilai-nilaipendidikan agama Islam terutamauntukanakkecil. Karenadijadikan modal awal untuk melatih dirinya beradab yang baik dimanapun dan dalam kegiatan apapun.Di SD Islam Al-Izzah Karangsalammempunyaibanyak kegiatan pembiasaan yang sudahberjalan.Pembiasaaniniberbedadengansekolah lain. Melihatalasandiataspenulistertarikuntukmeneliti penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di SD Islam Al-Izzah Karangsalam. Rumusan masalah penelitian ini adalah BagaimanaPenanamanNilai-NilaiPendidikan Agama Islam Bagi Siswadi SD Islam Al-Izzah Karangsalam? Kemudian penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu guru PAI, guru kelasdan sumber data sekunder sepertikepalasekolah, dan murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dandokumentasi.Pendekatan yang deskriptif kualitatif yaitu pendekatan analisis non statistik atau data yang tidak menggunakan angka-angka. Hasilpenelitianiniadalahstrategidalammenanamkannilai-nilai pendidikan agama Islam seperti: nilai aqidah, nilai ibadah, nilai moral dan nilai sosial dengan menggunakanberbagaimetodeyaituKeteladanan, pembiasaan, koreksi atau pengawasan, bimbingan dan nasihat, hukuman dan poster atauhiasandinding. Selainitujugapenilaian yang digunakanmenggunakanberbagaicaraantara lain bukurapotataurapottengah semester dansmsatautelephon. Kata kunci:Penanamannilai-nilai pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanamannilai-nilai pendidikan agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:59
Last Modified: 23 Jul 2019 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item