NERI SAFAROH, 1617203077 (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI iB SYARIAH DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU CILACAP. Diploma thesis, IAIN.
|
Text
COVER _ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text
NERI SAFAROH_STRATEGI PEMASARAN PRODU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Produk tabungan haji adalah simpanan pihak ketiga yang penarikannya dilakukan pada saat nasabah akan menunaikan ibadah haji atau pada saat tertentu sesuai dengan yang diperjanjikan, sistem ini menggunakan akad mudarabah. Perkembangan perbankan syariah yang pesat dan persaingan pasar yang sangat ketat menuntut setiap lembaga keuangan untuk menghindari riba dan harus kreatif dalam memasarkan produknya. BRI Syariah KCP Cilacap memilik strategi pemasaran khusus yang membedakan antara BRI Syariah KCP Cilacap dengan lembaga keuangan lainnya, yaitu dengan melakukan pendekatan pada sebuah instansi/organisasi dan memanfaatkan budaya masyarakat sekitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat untuk mengembangkan teori, kemudian data diperoleh dari observasi secara langsung di lapangan, baik berupa lisan maupun tertulis (dokumen). Adapun metode penggunaan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. BRI Syariah KCP Cilacapmenerapkanstrategipemasarantabungan haji denganmenggunakanmarketing mix, yaitubaurandariberbagaielemen-elemenpemasaran: strategiproduk, strategiharga, strategilokasidanlay outdanstrategipromosi.Sedangkanstrategikhusus yang diterapkanadalahdenganbusiness partenershipdengan KBIH, menyebarbrosurkepadakeluarga yang berangkat haji, ibu-ibupengajiandan BRI Konvensional. Halnyasegalasesuatupastitidakberjalansempurna, kendala yang menghambatpada proses pemasaranadalahprespektifmasyarakatyangmenganggapsulitnyamenggunakanproduk bank syariahdanminimnyakantor bank syariah,sehinggabanyakmasyarakat yang belummengetahuikeberadaan BRI Syariah. Kata kunci: Pemasaran, Marketing mix.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Marketing mix. |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 07:46 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 01:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5594 |
Actions (login required)
View Item |