PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS III MI NURUL FALAH GRUJUGAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NAELI FADILAH, NIM. 082335019 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS III MI NURUL FALAH GRUJUGAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NAELI FADILAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS III MI NURUL FALAH GRUJUGAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Media benda konkret merupakan media yang berupa benda yang nyata, benar-benar ada yang digunakan dalam pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Pembelajaran matematika harus bisa mengakrabkan siswa dengan lingkungan dan pengalamannya dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan media benda konkret diharapkan dapat meningkatkan hasil beajar peserta didik karena pembelajaran keliling dan luas persegi da persegi panjang menggunakan media yang berupa benda-benda nyata yang biasa dijumpai oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah pembelajaran matematika materi geometri bangun datar menggunakan media beda konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di MI Nurul Falah Grujugan?” Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis datanya disajikan dalam bentuk analisis deskriptif artinya membandingkan antara hasil nilai pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil tes yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus yang pertama. Pada studi awal jumlah peserta didik yang tuntas belajar hanya 5 peserta didik atau 29% dari jumlah seluruh peserta didik. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas belajar sudah mengalami peningkatan yaitu 11 peserta didik atau 65% dari jumlah seluruh peserta didik, sedangkan pada siklus ke II jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 15 peserta didik atau 88% dari jumlah seluruh peserta didik dan sudah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu 75% dari jumlah seluruh peserta didik. Kata kunci: Media Benda Konkret, Mata Pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:41
Last Modified: 27 Jul 2016 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item