Efektivitas Program Supervisi Akademik Bagi Guru MI Ma’arif Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

Fatikhatus, Sangadah (2019) Efektivitas Program Supervisi Akademik Bagi Guru MI Ma’arif Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I DAN BAB V.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
COVER_ABSTRAK_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV DAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Supervisi Akademik Bagi Guru MI Ma’arif Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan informasi dari Kepala Madrasah, Guru-Guru, dan Komite Sekolah. Adapun metode Pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah selaku supervisor melalui beberapa tahapan yaitu diantaranya : 1). Pengawasan Kinerja Guru, pengawasan ini memiliki beberapa komponen yang perlu diawasi yaitu dokumen administrasi, dokumen pembelajaran, dokumen penilaian, administrasi siswa/kelas, dan dokumen keaktifan diri. 2). Kunjungan kelas, dilakukan oleh kepala madrasah secara langsung dan tidak ada pemberitahuan kepada guru yang akan di kunjungi kelasnya. 3). Observasi kelas, kegiatan ini dilaksanakan selama satu semester satu kali. 4). Diskusi, kegiatan ini dilakukan antar guru untuk saling bertukar pikiran. 5). Rapat guru, untuk membahas proses pembelajran dan cara meningkatkan profesionalisme guru. Adapun indikator keberhasilan program supervisi akademik yang dapat dicapai diantaranya yaitu : kemampuan guru meningkat, kualitas pembelajaran menjadi lebih baik, dan terjalin hubungan yang kolegial antara kepala sekolah dan guru dalam memecahkan permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru dilapangan. (2) Program supervisi akademik memiliki dampak positif yang cukup untuk membantu guru dalam meningkatkan keterampilannya yaitu: 1) Guru dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran. 2) Cara mengajar guru bisa lebih bervariasi 3) Terciptanya lingkungan kerja yang menyenangkan karena adanya keterikatan satu visi, misi, dan tujuan 4) Dapat menghasilkan output peserta didik yang lebih baik dan mempunyai daya saing dengan madrasah/sekolah lain 5)Tujuan madrasah dapat tercapai dengan mudah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Efektifitas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 23 Jul 2019 00:24
Last Modified: 23 Jul 2019 00:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item