PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS KOMPETENSI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MEDIA PETA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI NURUL ISLAM KAWEDUSAN KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013

IMAM SUBARKAH, NIM. 092335113 (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS KOMPETENSI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MEDIA PETA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI NURUL ISLAM KAWEDUSAN KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IMAM SUBARKAH_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS KOMPETENSI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MEDIA PETA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI NURUL ISLAM KAWEDUSAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

enurut kurikulum KTSP yang tertuang dalam standar isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI (BSNP:2006); Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/ SDLB sampai SMP/ MTs/ SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkanya penggunaan media peta pada pembelajaran IPS. Peningkatan prestasi belajar IPS pada kompetensi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nuryl Islam kawedusan kecamatan kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Data yang diperoleh berupa data test formatif, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus III. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas yang ix diperoleh pada kondisi awal (58,65), siklus I (66,76), siklus II (72,06) siklus III (75,00). Sedangkan berdasarkan indikator ketuntasan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh yaitu, kondisi awal 1 siswa (5,88%), siklus I ada 11 siswa (64,71%), dan siklus II ada 11 siswa (64,71%), siklus III ada 14 siswa (76,47%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Penggunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Peningkatan prestasi belajar IPS pada kompetensi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui media peta pada siswa kelas V semester II MI Nurul Islam Kawedusan Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012 - 2013 Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, IPS, dan media peta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:14
Last Modified: 27 Jul 2016 04:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item