SISTEM BONUS UNTUK DRIVER PADA PERUSAHAAN GO-JEK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kantor Go-Jek Cabang Purwokerto)

RINA OKTIAN, 1522301121 (2019) SISTEM BONUS UNTUK DRIVER PADA PERUSAHAAN GO-JEK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kantor Go-Jek Cabang Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SISTEM BONUS UNTUK DRIVER PADA PERUSAHAAN GO-JEK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kantor Go.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatannya yaitu pendekatan kualitatif. Kemudian data tersebut diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan Head Regional Corporate Affairs Go-Jek, pimpinan kantor Go-Jek cabang Purwokerto, staf pelayanan dan driver Go-Jek di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sebanyak 10% dari jumlah populasi 400 driver sehingga jumlah sampelnya adalah 40 driver. Data-data tersebut kemudian peneliti analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam perspektif hukum Islam, bahwa sistem bonus untuk driver pada perusahaan Go-Jek cabang Purwokerto sudah sesuai dengan konsep ji‘a>lah dalam hukum Islam, baik dilihat dari rukun ji‘a>lah, syarat sahnya ji‘a>lah, maupun kebolehan ji‘a>lah. Perusahaan Go-Jek cabang Purwokerto dalam melaksanakan sistem bonus untuk driver memberikan manfaat positif dan jelas untuk kedua belah pihak karena skema bonus akan selalu menyesuaikan dengan kondisi pasar. Dengan tujuan untuk mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan costumer dan ketersediaan mitra driver Go-Jek. Sehingga tidak adanya pihak yang dirugikan. Pemberian bonus ini bebas dari unsur judi, dimana keuntungan atau bonus diberikan kepada driver sesuai kinerja driver dengan poin yang didapat oleh driver pada setiap harinya. Karena ini merupakan apresiasi dari perusahaan Go-Jek kepada driver demi menjaga kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bonus, ji’a>lah, driver, Go-Jek
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.25 Pemberian (Termasuk Sadaqah dan Wakaf)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Jul 2019 04:34
Last Modified: 20 Jul 2019 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item