ARI SURYANI, 1123306006 (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA GRAFITASI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI MI MA’ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
ARI SURYANI_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA GRAFITASI MELALUI METODE DEMONSTRASI S.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
||
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) | Preview |
Abstract
Berbagai media yang diterapkan dalam proses pendidikan dapat menyentuh pemahaman anak didik dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru, baik itu media visual atau non visual. Seperti usaha guru untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan gaya grafitasi melalui metode demonstrasi bagi siswa kelas V di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang artinya penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetuhan Alam materi gaya grafitasi. Dari hasil penelitian dan analisis data yag didapat dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu membandingkan anatara nilai pada kondisi awal sebelum perbaikan atau sebelum menggunakan metode demonstrasi dengan hasil nilai yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus I dan II yang menggunakan metode demonstrasi selama proses berlangsung, dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar sebelum menggunakan metode dengan sesudah menggunakan metode demonstrasi sangat berbeda. Hal ini terbukti dengan kondisi pada kondisi awal sebelum dilakukan perbaikan rata-ratanya baru mencapai 63,75, dengan prosentase ketuntasan 33% dan prosentase belum tuntas 67%. Adapun kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada Kompetensi dasar ini adalah 70. Setelah diadakan perbaikan melalui metode demonstrasi hasil belajar IPA pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 74,79% dengan prosentase ketuntasan 63,75% dan prosentase nilai yang belum tuntas 33,25%. Pada siklus satu telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah ketuntasan belajar siswa 80% ( minimal 17 anak nilainya mencapai KKM). Sedangkan pada siklus II hasil belajar IPA nilai rata-ratanya menjadi 88,33. Dengan prosentase ketuntasan 96% dan prosentase belum tuntas hanya 4%. Oleh karena itu penggunaan metode dalam proses belajar sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode demonstrasi, IPA Gaya Grafitasi |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 02:53 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5544 |
Actions (login required)
View Item |