STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PANGKAH 01 KABUPATEN TEGAL

INDAH NURHIDAYATUN, NIM. 082331181 (2012) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PANGKAH 01 KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
INDAH NURHIDAYATUN_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PANGKAH 01 KABUPATEN TEGAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Strategi digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya variasi penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di SD Negeri Pangkah 01, sehingga siswa mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Strategi ini juga digunakan untuk mensiasati berbagai keterbatasan yang ada, misalnya rendahnya minat siswa terhadap materi PAI dibandingkan terhadap materi umum yang lain. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SD Negeri Pangkah 01 Kabupaten Tegal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Pembelajaran PAI Di SD Negeri Pangkah 01 Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: (a) Metode observasi , metode ini digunakan memperoleh data tentang kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran PAI dan data tentang lokasi SD Negeri Pangkah 01. (b) Metode wawancara, metode ini digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung yang dapat menggambarkan penggunaan strategi pembelajaran PAI di SD Negeri Pangkah 01. (c) Metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan SD Negeri Pangkah 01 seperti letak geografis, visi dan misi, struktur organisasi, keadaan guru, karyawan dan siswa, sarana dan prasarana SD Negeri Pangkah 01 dengan melihat dokumen yang ada di SD Negeri Pangkah 01. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verifikasi data . Hasil penelitian pelaksanaan Strategi Pembelajaran PAI di SD Negeri Pangkah Kabupaten Tegal sudah sesuai dengan landasan teori dan berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Kebosanan siswa dalam kegiatan belajar bisa menjadi lebih menyenangkan, semakin termotivasi, kecenderungan menguasai materi juga tinggi dan menumbuhkan kepekaan pada diri peserta didik terhadap masalah-masalah dalam lingkungan sosial. Strategi yang digunakan antara lain: strategi true or false (benar atau salah), card sort (sortir kartu), index card match (mencari pasangan), lecture (ceramah). Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SD Negeri Pangkah 01 Kabupaten Tegal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 27 Jul 2016 01:48
Last Modified: 27 Jul 2016 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item