LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text
LIA NGATIATUL MUNAWAROH_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM .pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangikurangnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa di kelas VII SMP Islam Al-FalahRawalo.Salah satulangkah yang dipandangtepatuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaadalahdenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL), karena model pembelajarantersebutmenuntutsiswauntukaktifdalammenemukanpemecahanmasalah yang dihadapisehinggasiswamampumenyusunsendirisolusiataspermasalahantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo. Penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo yang terdiri dari kelas VII A dan VII Byang semuanya dijadikan sampel. Adapun kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontroldan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswamenggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadamateriStatistika di kelas VII SMP Islam Al-Falah Rawalo. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gainyang diperoleh di kelasEksperimensebesar0,82atau 82,14% yang merupakankategoritinggi, sementarakelaskontrolsebesar 0,40atau 39,92% yang merupakankategorisedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Masalah, Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 02:20 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 01:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |