YOUSEP MAHENDRA ADITAMA, NIM. 072331179 (2016) PENERAPAN EDUCATION GAME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ALAM BANYUBELIK KARANG NANGKA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text
YOUSEP MAHENDRA ADITAMA_PENERAPAN EDUCATION GAME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ALAM BANYUBELIK KARANG NANGKA KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Education game merupakan sebuah bentuk kegiatan mendidik yang dilakukan dengan menggunakan cara atau alat permainan yang bersifat mendidik. Education game yang ada pada bidang pendidikan agama diajarkan untuk mengenalkan pendidikan agama yang ada pada Al Qur’an dan Hadits dengan education gameyang menyenangkan. Penelitian ini berjudul “PENERAPAN EDUCATION GAME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH ALAM BANYUBELIK KARANG NANGKA KABUPATEN BANYUMAS”, yang bertujuan untuk mengetahui macam-macam education game dan bagaimana penerapan education game dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V Sekolah Alam Banyubelik. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Alam Banyubelik dengan subjek penelitian adalah wali kelas V yaitu Ustadzah Rini. guru permainan yaitu Ustadz Solihin, kepala sekolah yaitu Bapak Mulyanto, dan siswa kelas V. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan education game dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah macam-macam education game yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V di Sekolah Alam Banyubelik berupa permainan tadabbur alam/rihlah/karyawisata, cerita/dongeng, merket day, farming dan permainna skocy. Sedangkan penerapan education gamenya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu permainan tadabbur alam diterapkan pada tema pembelajaran berupa “menjaga kebersihan”, cerita/dongeng diterapkan pada tema pembelajaran “perumpamaan laba-laba pada Q.S. Al An-Kabut : 41”, market day diterapkan pada tema pembelajaran “larangan untuk boros”, farming diterapkan pada tema pembelajaran “Allah tidak suka kerusakan”, dan skocing diterapkan pada tema pembelajaran “belajar dari kayu”. Kata kunci : education game, pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 01:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 01:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
View Item |