IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMA CITA-CITAKU SUB TEMA AKU DAN CITA-CITAKU DI KELAS V MI MA’ARIF NU BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS

Maita Rizki Amalia, NIM. 1323310086 (2019) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMA CITA-CITAKU SUB TEMA AKU DAN CITA-CITAKU DI KELAS V MI MA’ARIF NU BANJARANYAR SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
MAITA RIZKI AMALIA_IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY PADA PEMBELAJARAN TEMA CITA-CITAKU SUB TEMA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MI Ma’arif NU Banjaranyar adalah sebuah lembaga pendidikan yang dalam mempraktikan berbagai inovasi dalam pembelajarannya. Inovasi yang dimaksud adalah inovasi sederhana yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran dalam pembelajarannya. Pada pelajaran kelas V MI Ma’arif NU Banjaranyar menerapkan metode outdoor study yang bertujuan agar para siswa belajar tanpa dibalut rasa bosan terhadap pembelajaran yang mereka ikuti. Metode ini mengajak siswa untuk belajar di luar kelas sehingga pembelajaran tidak terasa monoton terus. Berdasarkan hasil observasi yang penulis laksanakan, penulis tertarik melakukan penelitian terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian yang penulis laksanakan ini dilakukan dengan melaksanakan pengamatan secara langsung kepada pembelajaran yang dijalankan atau sering disebut dengan field research. Dari pengamatan secara langsung ini, penulis akan mendapatkan pemandangan secara real di lapangan terkait implementasi metode outdoor study dalam pembelajaran tema 6 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku sehingga data yang dikumpulkan bukanlah hasil rekayasa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ini adalah untuk memberikan gambaran atau penjelasan secara terperinci terkait metode outdoor study. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V MI Ma’arif NU Banjaranyar. Dari subjek penelitian ini penulis mendapatkan data terkait pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode outdoor study. Penelitian in menarik kesimpulan bahwa metode outdoor study dilaksanakan dengan menggunakan bentuk include (terpadu) dalam mata pelajaran bahasa indonesia yang dalam pelaksanaannya meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelas V, Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Metode Outdoor Study
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 May 2019 05:41
Last Modified: 06 May 2019 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item