PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Apip Ma'mun, NIM. 1323302093 (2019) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
APIP MAMUN_PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARANBAHASA ARAB DI MTs AI-KHSAN BEJI KEDUNGBANTENG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)

Abstract

Metode sangat mempengaruhi proses pembelajaran, salah satu metode yang bisa digunakan agar siswa tidak lagi bosan dalam belajar adalah menggunakan metode edutainment. Metode edutainment adalah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada sisi hiburan. Edutainment dimaknai sebagai pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dan menikmati proses pembelajaran dalam suasana yang kondusif, menyenangkan dan bebas dari tekanan, baik fisik maupun psikis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pnerapan edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Al-Ikhsan beji kedungbanteng kabupaten banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa edutainment yang digunakan di MTs Al-Ikhsan beji yaitu humanizing the classroom dan active learning. Humanizing the classroom guru menggunakan cara memperlakukan siswa sesuaikan karakter masing-masing siswa, membuat pembelajaran menyenangkan dan guru hanya memposisikan dirinya sebagai fasilitator. Adapun active learning guru membuat siswa aktif secara fisik dan pikran dalam setiap sesi pembelajaran seperti belajar kelompok dan game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edutainment, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 May 2019 05:41
Last Modified: 06 May 2019 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item