MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK MA’ARIF NU BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

EDI RIYANTO, NIM. 1423402113 (2019) MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK MA’ARIF NU BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABVI_DAFTAR PUSTAKA_EDI RIYANTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EDI RIYANTO_MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Edupreneurship merupakan kegiatan yang ditekankan pada usaha kreatif atau inovatif oleh sekolah untuk memperoleh prestasi sekolah dan menambah income. Pelaksanaannya dapat melalui teaching factory maupun business center. SMK Ma’arif NU Bobotsari mengkombinasikan antara penyelenggaraan pembelajaran di sekolah dengan penyelenggaraan praktek kerja industri di institusi kerja pasangan, secara sinkron dan sistematis, yang bertujuan menghantarkan peserta didik pada penguasaan kemampuan kerja tertentu, sehingga menjadi lulusan yang berkemampuan relevan seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam manajemen dan program edupreneurship dalam pembentukan karakter kewirausahaan siswa di SMK Ma’arif NU Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SMK Ma’arif NU Bobotsari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Manajemen edupreneurship di SMK Ma’arif NU Bobotsari dilaksanakan berdasarkan Pedoman Pengembangan Edupreneurship Sekolah Kejuruan dari Kementerian Pendidikan Nasional, melalui lima tahap, yaitu penyusunan struktur organisasi, penjaminan mutu produk, penjaminan mutu jasa, pemasaran dan strategi pemasaran program edupreneurship. Penyusunan struktur organisasi dibagi ke dalam tiga bidang, yaitu bidang akademik, bidang non akademik, dan bidang usaha (profit). Penjaminan mutu produk dan jasa dilakukan dengan membentuk tim penjamin mutu produk dan pelayanan pada setiap bidang usaha/profit program edupreneurship, yang terdiri dari guru-guru yang telah mengikuti on the job training dengan partnership. Pada tahap pemasaran dan strategi pemasaran dilakukan oleh tim pemasaran, yang melibatkan seluruh komponen sekolah, mulai dari kepala sekolah, pengurus, guru, karyawan dan siswa. Kedua, Program edupreneurship dalam pembentukan karakter kewirausahaan siswa di SMK Ma’arif NU 1 Bobotsari, melalui teaching factory dan business center. Program teaching factory dilakukan dengan model 6 M. Program ini dapat menumbuhkan percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, dan kepemimpinan. Program business center melalui praktik bisnis dengan kegiatan observasi pasar, menginventarisir kebutuhan konsumen, melakukan pemesanan, menjual barang dengan menetapkan harga sendiri, dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang signifikan percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, jujur dan tekun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Edupreneurship, Teaching Factory, Business Center, Kewirausahaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Mar 2019 08:08
Last Modified: 12 Mar 2019 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item