IMROATUS SHOLIHAH, NIM.1617631001 (2019) MUATAN HEURISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI NEGERI 1 CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text
IMROATUS SHOLIHAH_MUATAN HEURISTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI NEGERI 1 CILACAP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Heuristik menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri sebuah jawabannya dari suatu masalah yang dipertanyakan. Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Kenyataan yang ada di lapangan, masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat mengajar, di mana semua berpusat pada guru, sedangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa masih kurang diterapkan dalam proses pembelajaran. Kondisi seperti ini mengakibatkan siswa menganggap pembelajaran di kelas itu sulit dan identik dengan menghafal teori. Pada akhirnya rasa ingin tahu siswa rendah, siswa menjadi bosan, dan tidak termotivasi untuk belajar. MI Negeri 1 Cilacap adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran tematik terpadu di setiap kelasnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang muatan heuristik dalam pembelajaran tematik terpadu di MI Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah muatan heuristik dalam pembelajaran tematik terpadu di MI Negeri 1 Cilacap. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian muatan heuristik dalam pembelajaran tematik terpadu di MI Negeri 1 Cilacap terutama di kelas V A diantaranya keterampilan menganalisis, keterampilan mensintesis, keterampilan mengenal dan memecahkan masalah, keterampilan menyimpulkan, dan keterampilan mengevaluasi dan menilai. Heuristik dalam pembelajaran tematik terpadu di MI Negeri 1 Cilacap terutama di kelas V A dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, merumuskan masalah dalam mata pelajaran (materi yang dipelajari). Dalam hal ini yaitu rumusan masalah sudah ada dalam buku siswa atau guru yang membuat rumusan masalah. Kedua, mengamati atau melakukan observasi. Dalam hal ini yaitu siswa yang melakukan pengamatan atau observasi. Disela-sela siswa melakukan pengamatan guru menstimulus daya analisis siswa dengan beberapa pertanyaan. Ketiga, menganalisis dan menyajikan hasil observasi. Dalam hal ini yaitu siswa menganalisis dan menyajikan hasil observasi dalam sebuah tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, atau karya lainnya. Keempat, menyajikan hasil karya kepada pembaca. Dalam hal ini yaitu siswa mempresentasikan hasil observasi di depan teman kelas dan guru. Siswa sangat antusias dalam kegiatan belajarnya, siswa juga mudah menyerap materi yang dipelajari melalui strategi pembelajaran heuristik, karena siswa mencari dan menemukan sendiri jawabannya. Walaupun sedikit mengalami kendala seperti waktu pembelajaran yang kurang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | heuristik, pembelajaran tematik terpadu, MI |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 02:15 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 02:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5420 |
Actions (login required)
View Item |