TIKA INDIYAH PUJIANTI, NIM. 1422301298 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM TEMBANG JAWA (Analisis Lirik Macapat Pangkur Dalam Kurikulum 2013 Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
COVER-BAB OI_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM TEMBANG JAWA (Analisis Lirik Macapat Pangkur Dalam Kuri.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini sering terjadi kasus-kasus kriminal dan penyimpangan yang terjadi di kalangan remaja dan anak sekolah. Hampir setiap hari dala surat kabar dan media informasi lainnya memberitakan tentang kasus kenakalan remaja dan anak sekolah. Hal itu terjadi seiring perkembangan zaman dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Dalam hal ini peranan budi pekerti sangatlah penting, penanaman dan penumbuhkembangan budi pekerti yang baik akan menjadikan seseorang menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlakul karimah. Budi pekerti berisi nilai-nilai perilaku manusia yang akan di ukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui ukuran norma agama, norma hukum tata krama dan sopan santun, norma budaya/adat istiadat masyarakat. Pendidikan budi pekerti dimaksud sebgai upaya mendidik siswa dengan pengajaran akhlak yang baik. Bila budi pekerti itu identik dengan akhlak yang baik atau akhlak mulia, maka pendidikan budi pekerti ialah mendidik agar siswa atau anak didik memiliki akhlak yang baik atau akhlak mulia. Nilai-nilai pendidikan budi pekerti dapat disampaikan melalui media apapun termasuk karya sastra. Tembang jawa macapat termasuk salah satu jenis karya sastra, yaitu karya sastra jawa modern. Sastra jawa modern yang akan penulis teliti yaitu tembang macapat pangkur yang ada di dalam kurikulum pelajaran bahasa jawa di sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam dalam tembanng jawa macapat pangkur yang ada pada kurikulum pelajaran sekolah jenjang SMP. Jenis penelitian ynag digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan (library research), yaitu pnelitian yang dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber literatur perpustakaan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang terdapat dalam macapat pangkur kurikulum pelajaran SMP adalah: 1) Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menaati ajaran-Nya. 2) Menaati ajaran agama. 3) Memiliki dan mengembangkan sikap toleransi. 4) Memiliki rasa menghargai diri sendiri. 5) tumbuhnya disiplin diri. 6) Memiliki rasa tanggung jawab. 7) Memiliki rasa keterbukaan. 8) Memiliki tata krama dan sopan santun. 9) Memiliki rasa malu. 10) Menumbuhkan kejujuran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai, Pendidikan budi pekerti, Macapat pangkur |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials 800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 819 Kesusatraan Daerah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 03:56 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 03:56 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5415 |
Actions (login required)
View Item |