KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

FACHMI NURUL FITROCH, NIM. 1223301030 (2019) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
FACHMI NURUL FITROCH_KOMPETENSI PROFESIONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)

Abstract

Guru mata pelajaran PAI merupakan komponen yang paling utama dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar pendidikan agama di sekolah. Guru PAI diharapkan mampu menjadi panutan, contoh, dan patuh diteladani. Sebagai salah satu faktor penentu kualitas mutu guru maka sudah seharusnya guru PAI memiliki kemampuan profesional dalam menjalankan tugas-tuganya di sekolah, seperti yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007. Latar belakang penelitian ini adalah semua guru PAI di SMP N.1 Baturraden lulusan S1 dari bidang Pendidikan Agama Islam. Namun masih perlu dikaji secara mendalam untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan profesional yang dimiliki oleh guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi profesional guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Baturraden. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan dan menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang kompetensi profesional guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan berupa penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Baturraden. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam yang berjumlah tiga orang guru. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Baturraden, dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dengan mempersiapkan RPP terlebih dahulu kemudian belajar dari rumah dengan membaca dari berbagai sumber. Dalam indikator kedua menguasai KI dan KD yaitu dengan memahami KI dan KD dalam silabus disingkronkan dengan materi. Dalam indikator ketiga, mengembangkan materi pelajaran guru PAI menggunakan metode yang bervariatif dan media yang disesuaikan dengan materi dan karakter siswa. Indikator keempat, guru PAI mengembangkan tindakan reflektif dengan cara evaluasi diri terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan kemudian hasil refleksi digunakan untuk perbaikan. Selain itu, guru PAI juga mengikuti berbagai kegiatan seperti pembinaan, seminar pendidikan, workshop, diklat, dan MGMP. Indikator kelima guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan handphone untuk berkomunikasi dengan siswa maupun guru lain. Guru PAI juga memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri dengan mendowload materi baru yang relevan dengan mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:12
Last Modified: 12 Mar 2019 01:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item