EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B DI MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Annisa Nurjanah, NIM.1423305141 (2019) EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B DI MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANNISA NURJANAH_EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam suatu pendidikan. Evaluasi merupakan proses yang dilakukan oleh guru untuk mengukur dan mentukan hasil yang telah dicapai siswa yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Evaluasi juga dapat digunakan untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Skripsi ini mengkaji tentang evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Pasirmuncang yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data kelas III B MI Muhammadiyah Pasirmuncang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III B di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode dalam menganalisis data penulis menggunakan model Milles and Haberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapat keterangan bahwa evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi lima tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, standarisasi, pengolahan data, dan penafsiran data. Di dalam tahap perencanaan guru membuat perencanaan dengan menentukan spesifikasi tes, penulisan soal dan jawaban tes, penelaah soal. Sedangkan dalam tahap pelaksanaan evaluasinya menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Teknik nontes meliputi portofolio, unjuk kerja, produk, penilaian diri. Teknik tes meliputi latihan soal, ulangan harian, penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester (PAS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, Bahasa Indonesia.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:28
Last Modified: 11 Mar 2019 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item