MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

SUYITNO, NIM. 1423402126 (2019) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER _BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_SUYITNO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SUYITNO_MANAJEMEN STRATEGIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Manajemen strategik dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang relatif baru. Hal ini dikarenakan keberhasilan lembaga profit menerapkan manajemen strategik untuk mencapai tujuan. SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga merupakan lembaga pendidikan dasar swasta yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau non-akademik. Gurunya merupakan guru yang terpilih dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi manajemen strategik dalam upaya meningkatkan mutu lulusan di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga, mulai dari proses analisis lingkungan, perumusan formulasi strategik, implementasi strategik beserta evaluasi dan pengawasan strategik dalam peningkatan mutu lulusan di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Analisis lingkungan yang dilakukan dalam peningkatan mutu lulusan adalah analisis SWOT yang menghasilkan program sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Kedua, Formulasi strategik, dilakukan dengan menyusun visi, misi dan tujuan sekolah yang dibuat oleh tim perumusan Rencana Kerja Sekolah (RKS). Formulasi strategik peningkatan mutu lulusan dengan program pembinaan siswa serta pembinaan dan pengembangan guru. Ketiga, Implementasi strategik peningkatan mutu lulusan, yaitu (a) Meningkatkan mutu guru dan karyawan; (b) Adanya program pembinaan siswa, dengan cara pembinaan ekstrakurikuler, adanya home-visit, dan sebagainya; (c) Layanan pendidikan yang meliputi integrasi kurikulum 2013 dan kurikulum sekolah, sarana dan prasarana pembelajaran. Keempat, Evaluasi dan pengawasan strategik dalam peningkatan mutu lulusan ada dua macam, yaitu supervisi perorangan yang dilakukan oleh kepala lembaga pendidikan, waka kurikulum, pendidik senior dalam satu rumpun pelajaran, dan penilik. Sedangkan supervisi kelompok dengan mengadakan rapat koordinasi dengan pendidik satu rumpun mata pelajaran; rapat koordinasi mingguan dan bulanan; dan kelompok kerja guru (KKG) madrasah (internal).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Lingkungan, Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Pengawasan, Strategik, Mutu Lulusan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:24
Last Modified: 11 Mar 2019 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item