MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

SUHRIYANTO, NIM 1423402083 (2019) MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab1,BabV,Daftar Pustaka_Suhriyanto.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANAJEMEN BUDAYA ISLAMI_SUHRIYANTO.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dan fungs pendidikan mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pendidikan harus juga menuju manusia yang berakhlak mulia. Sekolah sebagai punggung peradaban, dipercaya sebagai tempat rekayasa budaya yang efektif, memiliki peran dan fungsi untuk mengembangkan, melestarikan, dan mewariskan nilai-nilai budaya kepada peserta didiknya. Adalah SMP Negeri 1 Ajibarang menampakkan wujud budaya islami yang menarik untuk dikaji. Atas dasar itu, maka penelitian ini difokuskan pada manajemen budaya islami di SMP Negei 1 Ajibarang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis manajemen budaya islami di SMP Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Yakni pelaksanaan dari fungsi-fungsi manajemen, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pendekatan yang digunakan penelitan ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan budaya islami di SMP Negeri 1 Ajibarang telah sesuai dengan tahapan perencanaan yang disarankan oleh SNP. Sekolah telah menetapkan visi, misi, dan tujuannya dengan mantap. Perencanaan program budaya islami disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi diri sekolah, bersumber dari visi, misi, dan tujuan sekolah. Perencanaan budaya islami tercantum dalam Dokumen I Kurikulum sekolah dan di dalam RKAS, (2) Pengorganisasian budaya islami telah memperhatikan azas fungsional dan azas koordinasi, di samping memperhatikan Azas skala (hierarki). Terdapat struktur organisasi dan pembagian kerja yang jelas, serta apel pagi yang dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan dengan azas musyawarah, (3) Pelaksanaan budaya islami pada dasarnya telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Pelaksanaan budaya islami berwujud nilai-nilai disiplin (tepat waktu), kerja keras, keteladanan, kebersihan, kesopanan, religius, kejujuran, dan kerjasama. Di samping nilai-nilai, berwujud pula kegiatan-kegiatan yang terprogram dan rutin, kegiatan yang merespon keadaan, serta kebudayaan fisik sekoah, (4) Pengawasan budaya islami sudah dilaksanakan dengan baik, melalui pemantauan, evaluasi dan pelaporan. Kegiatan pemantauan dilakukan langsung secara personal dan pendelegasian. Pelaporan dan evaluasi dilakukan setelah kegiatan berlangsung, termasuk didalamnya kegiatan evaluasi diri sekolah setiap akhir tahun pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen-Budaya Islami -SMP Negeri
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:48
Last Modified: 11 Mar 2019 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item