SYAHRIN DUROL FITRIYAH, NIM.1423311035 (2018) TINDAK PEMBELAJARAN GURU YANG MENDUKUNG PENUMBUHAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK DI RA DIPONEGORO 58 BABAKAN SYAHRIN DUROL FITRIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
SYAHRIN DUROL FITRIYAH_TINDAK PEMBELAJARAN GURU YANG MENDUKUNG PENUMBUHAN KARAKTER KEMANDIRIAN AN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap anak memiliki karakter berbeda-beda, khususnya karakter kemandirian. Ada anak yang telah mandiri dengan matang dan berani, ada juga anak yang masih sama sekali belum mandiri terutama di sekolahnya. Maka dalam hal ini tugas utama guru di sekolah untuk mampu menumbuhkan karakter kemandirian pada anak tentunya dengan berbagai tindakan yang efektif yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran serta dikuatkan lagi diluar pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana tindak pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mendukung penumbuhan karakter kemandirian pada anak di RA Diponegoro 58 Babakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan yang dilakukan guru dalam mendukung penumbuhan karakter kemandirian anak di RA Diponegoro 58 Babakan. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model penelitian Miles dan Hubermant berupa data, display data, dan Conclusion Drawing / Verifyng. Untuk tekhnik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan guru dalam menumbuhkan karakter kemandirian anak sangat bervariasi dan telah dilakukan secara maksimal. Bentuk tindakannya juga memunculkan dampak dan manfaat positif bagi pertumbuhan karakter khususnya kemandirian anak, diantaranya : 1) mempersiapkan komponen pembelajaran seperti halnya RPPH,RPPM,Silabus dan administrasi penilaian. 2) memberikan semanga, motivasi dan penghargaan kepada peserta didik. 3) menggunakan metode pebelajaran yang menarik dan mudah di pahami. 4) mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa. 5) Melakukan evaluasi pembelajaran dan membuat administrasi pembelajaran. 6) mengadakan musyawarah rutin terutama dengan komite dan wali murid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak Pembelajaran Guru, Karakter Kemandirian Anak |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 03:05 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 03:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5385 |
Actions (login required)
View Item |