PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

ANNISA RIZKIANA, NIM. 1423302052 (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN QIRA'AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 KA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar bahasa pada dasarnya adalah belajar menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh manusia baik secara lisan maupun tulisan. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, semua siswa akan mengalami berbagai kesulitan (problem) dalam pembelajaran. Problematika Pembelajaran merupakan suatu masalah yang menghambat tercapainya suatu tujuan dari pembelajaran. Problematika yang dimaksud dalam penelitian ini adalah problematika pembelajaran qira’ah pada mata pelajaran bahasa Arab dari segi linguistik dan non linguistik yang dialami siswa dalam pembelajaran bahasa kelas VII di MTs Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Qira’ah yang ditinjau dari segi linguistik dan non linguistik serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui problematika pembelajaran qira’ah dari segi linguistik dan non linguistik dan sebagai evaluasi untuk mengatasi problematika qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di kelas VII MTs Negeri 1 Karanganyar Purbalingga. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu problematika qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab dari segi linguistik meliputi: Problem Tata bunyi, Problem Tanda baca, dan Problem Tata Bahasa. Sedangkan problematika membaca dari segi non linguistik yaitu meliputi: problem pada siswa dan problem metode. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: untuk problem tata bunyi dan tanda baca, guru membacakan materi terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mengenalkan huruf dan bunyi huruf selain itu guru meminta siswa untuk menghafalkan mufrodat-mufrodat dengan artinya. Untuk problem tata bahasa, upaya yang dilakukan oleh guru dengan cara menjelaskan materi tarkib dan memberikan contoh kalimat. Sedangkan untuk problematika dari segi non linguistik upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memotivasi siswa, menambah metode, dan menambahkan jam pelajaran bahasa Arab di luar jam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Membaca, Problematika Qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:51
Last Modified: 08 Mar 2019 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item