IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI MA’ARIF 02 BAJING KULON KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

ZULIATIN MU’ARIFAH, NIM. 1123305093 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MI MA’ARIF 02 BAJING KULON KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
ZULIATIN MU’ARIFAH_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari tingkat SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. Ilmu Pengetahuan Sosial mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Berbagai metode juga sering digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan lain-lain, akan tetapi beberapa persoalan muncul dalam praktek pembelajaran yang berlangsung sehingga menyebabkan kurang berhasilnya pencapaian tujuan pembelajaran. Siswa-siswi kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung, padahal pembelajaran IPS menjadi salah satu mata pelajaran wajib dalam jenjang pendidikan MI/SD. Untuk merubah keadaan tersebut perlu perencanaan yang matang dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Karena pembelajaran kooperatif membawa siswa kepada pembelajaran yang aktif sehingga mampu mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah atas materi yang diberikan guru secara bekerja sama. Guru tidak lagi sebagai pusat belajar, akan tetapi siswalah yang menjadi pusat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan atau penggunaan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS di sekolah adalah efektif. Hal tersebut dapat diketahui setelah siswa belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif, semua unsur-unsur dasar dari pembelajaran kooperatif telah tercapai, yakni sesuai dengan prinsip-prinsip dasar pembelajaran kooperatif dan prosedur atau langkah-langah pembelajaran kooperatif sudah terlaksana dalam praktek pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran IPS di MI Ma’arif 02 Bajing Kulon. Kemudian adanya efek atau akibat dari proses pembelajaran, memberikan hasil yang memuaskan pada perolehan nilai, terlaksananya tugas pokok, tercapainya tujuan/ indikator dan adanya partisipasi aktif dari anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:12
Last Modified: 19 Feb 2019 01:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5273

Actions (login required)

View Item View Item