PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID (NAHWU DAN SHARAF) DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

SITI NUROHMAH, NIM. 1123302061 (2019) PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN QOWA’ID (NAHWU DAN SHARAF) DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (886kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL SITI NUROHMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan metode amtsilati yang digunakan dalam pembelajaran qowa’id (nahwu dan sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an AlAmin Pabuwaran Purwokerto dengan tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah terdiri dari tiga hal yaitu mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id, mendeskripsikan pelaksanaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id dan mendeskripsikan evaluasi metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh ustadzah amtsilati, dan santri putri kelas satu Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto secara langsung dengan pengamatan penulis. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan metode amtsilati dalam pembelajaran qowa’id (nahwu da sharaf) di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Purwokerto Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk memperoleh informasi dan data-data yang terkait dengan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran adalah menentukan materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran, agar tercapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Pelaksananaan pembelajaran adalah dengan melaksanakan teknik pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran qowa’id (nahwu dan sharaf) yaitu dengan memberikan materi, pembacaan contoh serta pembahasan contoh yang terdapat dalam kitab amtsilati. (3) Evaluasi pembelajaran merupakan bentuk tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan santri tentang materi pelajaran yang sudah di pelajari. Evaluasi ini terdiri dari 2 bentuk yaitu tes lisan dan tes tulis. Evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran yaitu setelah materi pelajaran selesai disampaikan dan setelah santri menyelesaikan satu jilid kitab amtsilati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode amtsilati, Metode Pembelajaran dan Pembelajaran qowa’id (nahwu dan sharaf).
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:06
Last Modified: 04 Mar 2019 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item