FARID MUHTADI, NIM. 1617651007 (2019) MANAJEMEN PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA BANDUNG KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
MANAJEMEN PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA BANDUNG KECAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan keterampilan (life skill) harus dikembangkan di lembagalembaga pendidikan. pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, disamping tetap melaksanakan fungsinya sebagai pusat pendidikan dan pendalaman ilmi-ilmu agama (tafaqquh fiddin), juga harus membekali para santrinya dengan pendidikan keterampilan bagi para santrinya. Salah satu pondok pesantren yang menerapkan Pendidikan keterampilan bagi para santrinya adalah Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen. Kenyataan ini dibuktikan oleh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen yang membekali para santrinya dengan berbagai ilmu, baik ilmu agama maupun pelatihan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), di mana penyusun mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan pengasuh Pondok Pesantren, dewan masyayikh dan lurah pondok sebagai key informant (pemberi informasi kunci), ketua pelaksana harian dan peserta pelatihan, observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Manajemen Pelatihan Entrepreneurship Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen merupakan kegiatan yang tersusun yang meliputi mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, analisis jabatan dan tugas, rumusan tujuan pelatihan, perencanaan program pelatihan, pelaksanaan program pelatihan, evaluasi program pelatihan dan tindak lanjut pelatihan. Di dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini terdapat unsur-unsur seperti manusia (man), barang-barang (materials), mesin (machines), metode (methods), uang (money), dan pasar atau (market). Adapun manusia (man), barang-barang (materials), mesin (machines), metode (methods), uang (money), dan pasar atau (market) yang berguna menunjang kefektikan dan keefisien dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan ini memang sangat berkontribusi terhadap pondok pesantren, santri, wali santri, alumni dan kota Kebumen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pelatihan, Entrepreneurship, Santri, Pesantren Nurul Hidayah Bandung Kebumen |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 00:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 00:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5225 |
Actions (login required)
View Item |