GHALDA SALMAH, NIM:1423305014 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS II B DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (860kB) | Preview |
|
Text
GHALDA SALMAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS II B DI MI MA'AR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berfikir ilmiah. Pendekatan saintifik terdiri atas kegiatan mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap pada peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II B MI MA’ARIF NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi atau penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas II B MI MA’ARIF NU 1 Pageraji. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri : reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas II B MI MA’ARIF NU 1 Pageraji dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur penerapan, yang terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. walaupun pada kenyataannya implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan belum dapat maksimal dan masih perlu perbaikan ke depannya. Dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik ini dalam pembelajaran tematik, siswa terlihat antusias dalam pelaksanaan pembelajaran dan lebih paham dalam memahami pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, MI MA’ARIF NU 1 Pageraji |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 00:18 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 00:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5210 |
Actions (login required)
View Item |