RIZQI KHUSNIATI, NIM. 1423301201 (2019) METODE HAFALAN JUZ AMMA DI MI AL-FATAH KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (728kB) | Preview |
|
Text
RIZQI KHUSNIATI_METODE HAFALAN JUZ 'AMMA DI MI AL-FATAH KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penghafal Al-Qur’an adalah mereka yang dijanjikan oleh Allah SWT dengan kebaikan-kebaikan atas kehidupannya, baik didunia maupun diakhirat. Hingga saat ini Al-Qur’an masih di percaya sebagai satu-satunya kitab samawi yang terjaga kemurniannya, dan itu terjadi karena peran besar para penghafal Al-Qur’an dalam aktivitas moral dan keilmuannya. Proses panjang dilalui mereka dalam segenap penjagaanya terhadap Al-Qur’an mulai dari menghafal hingga proses menjaga dan memaknai hafalannya. MI Al-Fatah Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tingkat sekolah dasar yang telah menyelenggarakan program khusus tahfidzul Qur’an yang dimulai dari Juz ‘Amma hingga Juz 1-15. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan pelaksanaan program khusus hafalan Juz ‘Amma. Di mana MI Al-Fatah Kabupaten Banjarnegara adalah Madrasah yang tidak seperti sekolah-sekolah Islam terpadu lainnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimana Penerapan Metode Hafalan Juz ‘Amma di MI Al-Fatah Kabupaten Banjarnegara?” dan “Apa saja Metode Hafalan Juz ‘Amma di MI Al-Fatah Kabupaten Banjarnegara?” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait metode hafalan Juz ’Amma. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif, penelitian ini disajikan dalam bentuk deskritif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan : observasi, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya yang terdiri : reduksi data, penyajian data kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan tentang metode hafalan Juz ‘Amma di MI Al-Fatah Kabupaten Banjarnegara dapat disimpulkan bahwa program tahfidzul Qur’an merupakan kegiatan yang dilaksanakan di MI Al-Fatah untuk siswa dalam menghafal Juz ‘Amma dengan menggunakan metode Muroja’ah, Sima’i, Jama’ dan Setoran Ziyadah dilakukan secara kolektif, setiap hari, kontiniu, teratur, dan terprogram. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara siswa dengan guru tahfidz yang terlibat langsung sehingga programnya dapat berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hafalan Juz ‘Amma, Metode Muroja’ah, Sima’i, Jama’, Setoran Ziyadah. |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 01:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 01:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5194 |
Actions (login required)
View Item |