TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Machfudh Fathoni, S.Pd., NIM 1522605054 (2018) TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
MACHFUDH FATHONI_TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Banyak masalah mutu yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti mutu lulusan, mutu pengajaran, bimbingan dan latihan dari guru, serta mutu profesionalisme dan kinerja guru. Mutu-mutu tersebut terkait dengan mutu manajerial para pimpinan pendidikan, keterbatasan dana, sarana, dan prasarana, fasilitas pendidikan, media, sumber belajar, alat dan bahan latihan, iklim sekolah, lingkungan pendidikan, serta dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan tersebut berujung pada rendahnya mutu lulusan. Total Quality Management (TQM) dalam konteks pendidikan merupakan sebuah filosofi metodologi tentang perbaikan secara terus menerus, yang dapat memberikan seperangkat alat praktis kepada setiap institusi pendidikan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan, saat ini maupun yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Total Quality Management, Pengoptimalan sumberdaya sekolah dan pengendalian/ pengawasan Implementasi Total Quality Management pada peningkatan prestasi siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Total Quality Management (TQM), kaitannya dengan upaya meningkatan prestasi siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dilakukan dengan menerapkan prinsipprinsip TQM, yaitu: a) Melakukan perbaikan terus menerus dengan perumusan visi, misi dan jaminan mutu, perbaikan sistem, peningkatan kualitas SDM, inovasi program peningkatan prestasi, penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana, b) Menetapkan jaminan mutu dan standar mutu peningkatan prestasi siswa. c) Menciptakan kultur atau budaya sekolah, melalui datang tepat waktu, sholat dhuha, membaca Al Quran, doa pagi, sholat berjamaah, dan infak harian. d) Melakukan perubahan organisasi, melalui perubahaan struktur organisasi sekolah dan desentralisasi kerja. e) Mempertahankan hubungan dengan pelanggan, melalui pertemuan rutin orang tua siswa, pembentukan komite kelas, home visit siswa , home visit SDM, pemberian reward pada siswa, pemberian reward pada guru, parenting dan whats app group.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Total Quality Manajement, Prestasi Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Feb 2019 00:33
Last Modified: 18 Feb 2019 00:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item View Item