STRATEGI PEMASARAN BURUNG MURAI BATU DENGAN SISTEM FROST DI KALANGAN PETERNAK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga)

JULI WAHYU PRATAMA, NIM: 1323205004 (2019) STRATEGI PEMASARAN BURUNG MURAI BATU DENGAN SISTEM FROST DI KALANGAN PETERNAK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
JULI WAHYU PRATAMA_STRATEGI PEMASARAN BURUNG MURAI BATU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran memiliki peran penting dalam dunia usaha. Pemasaran dianggap menentukan dapat tidaknya suatu perusahaan berhasil mencapai tujuanya, sehingga pemasaran merupakan kunci utama dalam suatu perusahaan. Salah satu kegiatan pemasaran dikalangan para pengusaha adalah ternak burung berkicau. Seperti halnya di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, dimana terdapat 3 peternak burung murai batu, yaitu; Budianto, Rinto dan Gito. Rata-rata para peternak dalam menjual burung dengan sistem frost. Frost artinya mencampur anakan burung jantan dan betina menjadi satu kandang dan satu harga. Disini terdapat unsur ketidak jelasan (gharar), serta apa yang menjadi faktor utama bagi para petenak burung menggunakan strategi pemasaran dengan sistem frost, maka penulis melakukan penelitian yang berjudul Strategi Pemasaran Burung Murai Batu dengan Sistem Frost dikalangan Peternak Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di peternak burung Murai Batu desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor utama dalam strategi pemasaran dengan sistem frost yaitu strategi harga, serta pemasaran dengan sistem frost sesuai perspektif ekonomi Islam, yaitu tertera dalam firman Allah surat An-Nisaa ayat 29, dimana dalam melakukan transaksi bedasarkan suka sama suka yaitu diperbolekan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Sistem Frost, Perspektif Ekonomi Islam.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 16 Feb 2019 08:10
Last Modified: 16 Feb 2019 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item