PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

AN NISA MIFTACHUL RIZKY, NIM. 1223203050 (2019) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AN NISA MIFTACHUL RIZKY_PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan (size) terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia melalui website resmi BEI pada bulan Juli s.d Agustus 2018. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di BEI tahun 2013 sampai dengan 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi ganda, uji F, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai t test yang lebih besar daripada nilai t tabel (t test = 2,099 < t tabel = 1,6720). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang menyatakan: “Terdapat pengaruh signifikan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017”, diterima. 2) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai t test < t tabel (t test = 0,096 < t tabel = 1,6720). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang menyatakan: “Terdapat pengaruh signifikan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 20132017”, ditolak. 3) Pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai F test yang lebih kecil dari (F test = 2,261 < F = 3,1588). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang menyatakan: “Terdapat pengaruh secara bersamasama (simultan) pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017”, ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang (termasuk Valuta, Kebijakan Moneter, Inflasi dll)
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 14 Feb 2019 05:55
Last Modified: 14 Feb 2019 05:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item