STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RMX (ROSSY MOTOCROSS) SHOP PURWOKERTO

SUSANTO, NIM. 1423203077 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RMX (ROSSY MOTOCROSS) SHOP PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL SUSANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat dipisahkan dari interaksi dan komunikasi. Keberadaan kemajuan teknologi membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Salah satunya adalah komunikasi melalui media sosial. Di era ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial, karena media sosial dapat diakses siapapun tanpa batasan ruang dan waktu. Oleh karena itu, banyak pebisnis atau perusahaan menggunakan media sosial sebagai sarana dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran yang sangat efektif dan langsung tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial dalam meningkatkan penjualan pada RMX (Rossy Motocross) Shop Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, RMX Shop menerapkan strategi pesan dan strategi media sesuai dengan teori Mahmud Machfoedz dalam bukunya Komunikasi Pemasaran Modern. Pada strategi pesan, sebelum isi dan bentuk pesan didesain, RMX Shop menetapkan segmen pasar terlebih dahulu. Segmen sasaran RMX Shop adalah laki-laki maupun perempuan, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa dan dari berbagai wilayah yang memiliki hobi menggunakan motor trail. Pembuatan pesan pada komunikasi pemasaran RMX Shop dilakukan dalam bentuk caption atau keterangan pada foto produk. Setiap foto yang diposting pada akun media sosial RMX shop selalu disertai dengan caption sebagai isi komunikasi yang mendeskripsikan informasi produk. Selain itu, penggunaan hashtag atau tagar foto juga dapat mengarahkan pembeli untuk mengunjungi akun media sosial RMX Shop saat melakukan pencarian produk menggunakan hashtag.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, media sosial, penjualan, dan RMX Shop
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Feb 2019 00:41
Last Modified: 11 Feb 2019 00:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item