ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TAS PERSPEKTIF SYARIAH MARKETING (Studi kasus Pada Home Industry Villa Tas Jaya Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah)

MOHAMAD GALIH SAPUTRA, NIM. 1423203062 (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TAS PERSPEKTIF SYARIAH MARKETING (Studi kasus Pada Home Industry Villa Tas Jaya Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
MOHAMAD GALIH SAPUTRA_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TAS PERSPEKTIF SYARIAH MARKETING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Era globalisasi menunjukan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan. Untuk mempertahankan pangsa pasar dalam persaingan yang semakin ketat, pelaku pasar harus pintar-pintar dalam memilih strategi pemasaranya. Strategi pemasaran merupakan suatu proses yang mampu menghantarkan organisasi/perusahaan pada peluang pasar yang besar untuk meningkatkan penjualan dan meraih keunggulan yang diharapkan. Strategi pemasaran juga merupakan alat yang penting agar perusahaan mampu memenangkan persaingan. Tujuan pemasaran adalah melakukan transaksi, melayani, memenuhi kebutuhan, dan keinginan untuk memuaskan konsumen.Dan mengetahui atau memahami para pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan cocok dengan pelanggan atau konsumen. Sedangkan fungsi pemasaran adalah pengembangan produk jika produk yang telah beredar mengalami penurunan maka untuk menghindari hal tersebut perlu menambahkan fungsi produk sesuai perkembangan bisnis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di home industry Villa Tas Jaya Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Adapun data primer diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementra itu, data sekunder diperoleh dari selain sumber primer baik berupa buku, jurnal maupun internet. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penyimpulan data serta menggunakan analisios SWOT untuk mengetahui strategi yang cocok diterapkan di home industry Villa Tas Jaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada home industry Villa Tas Jaya dengan menggunakan unsur utama dalam pemasaran yaitu, segmentasi, targeting dan positioning serta menggunakan bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Berdasarkan analisis internal dan eksternal yang dilakukan melalui analisi SWOT strategi utama home Industry Villa Tas Jaya adalah Strategi growth yang mana home Industry Villa Tas Jaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produknya..Lalu perusahaan telah memenuhi karakter dan paradigma pemasaran syariah dengan memenangkan mind share yaitu segmentasi, targeting dan positioning, market share yaitu marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari 4 unsur utama diantaranya product, price, place, dan promotion, hard share yaitu value atau nilai dari suatu produk. Serta mengedepankan 4 prinsip utama dalam pemasaran Syariah yaitu teistis (rabaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realita (al-waqi’iyyah), dan humanis (al-insaniyyah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Pemasaran Syariah.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 11 Feb 2019 00:40
Last Modified: 11 Feb 2019 00:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item