KEPUASAN ORANG TUA SISWA ATAS LAYANAN PENDIDIKAN DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

WAHID NUR HIDAYAT, NIM. 1423303077 (2018) KEPUASAN ORANG TUA SISWA ATAS LAYANAN PENDIDIKAN DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
skripsi full wahid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan orang tua siswa atas layanan Pendidikan di MI Modern Satu Atap Al Azhary Kecamatan Aibarang di MI Modern Satu Atap Al Azhary Kecamatan Metode penelitian menggunakan model Servqual (service quality) dengan Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa MI Modern Satu Atap Al Azhary sebanyak 243. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pendapat Arikunto, 25% dari jumlah populasi sehingga sampelnya berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the satisfaction atributes yaitu analisis dengan cara memetakan distribusi frekuensi pada aspek-aspek kepuasan. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Upaya Madrasah dalam mempertahankan kepercayaan atau kepuasan orangtua yaitu dengan program pengembangan kemampuan siswa dengan program bahasa, tahfidz dan IT, kemudian komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa salah satunya melalui media whatsapp 2) kepuasan orang tua terhadap layanan Pendidikan perolehan skor tertinggi pada aspek cara madrasah melibatkan orang tua dalam program madrasah , adapun skor terendah dicapai pada aspek cara sekolah menampilkan dokumentasi kegiatan sekolah, masing-masing yaitu 3,48 dan 2,89 3) kepuasan orang tua terhadap pendidik perolehan skor tertinggi pada aspek perilaku guru dalam berinteraksi, adapun pada skor terendah terdapat pada aspek penampilan guru dari segi kebersihan dan kerapihan dalam kegiatan belajar mengajar. Masing – masing yaitu 3,68 dan 3,41 4) kepuasan orang tua terhadap sarana, prasarana dan pengelolaan untuk perolehan skor tertinggi pada aspek kondisi fisik Gedung sekolah, adapun skor terendah dicapai ada aspek kondisi perpustakaan madrasah. Masing-masing yaitu 3,80 dan 2,71

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Orang Tua, Layanan Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:07
Last Modified: 06 Feb 2019 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item