MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL ( FDS ) DI MI MUHAMMADIYAH TAMBAKAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

SAMSURI, NIM. 1423402081 (2018) MANAJEMEN STRATEGIS PROGRAM FULL DAY SCHOOL ( FDS ) DI MI MUHAMMADIYAH TAMBAKAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_Samsuri.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis_Samsuri_V2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Manajemen Strategis Program Full Day School di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yakni menyajikan data dengan kalimat atau Bahasa untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi . Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Proses analisis dilakukan sejak diperolehnya data sampai selesainya penulisan laporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Manajemen strategis Program Full Day School di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang meliputi pengorganisasian program, perumusan visi, misi dan nilai-nilai, rencana strategis yang meliputi Rencana Kerja Madrasah (RKM), sistem pelaksanaan, pemantauan dan pengawasan serta pengukuran dan evaluasi kinerja. 2) Hasil yang diperoleh dari penerapan manajemen strategis program full day school di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang memuat dua hal yang membanggakan yakni prestasi akademik dan non akademik beserta perinciannya. Selain itu dirinci berbagai prestasi akademik dan non akademik yang pernah diraih madrasah selama tiga tahun terakhir, prestasi USBN yang meningkat tajam, serta banyak peserta didik lulusan yang melanjutkan ke SMP favorit. 3) Faktor pendukung program full day school di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang dapat terdeteksi menjadi 23 poin antara lain adanya perlakuan khusus dari pihak manajemen terhadap kelas full day school, dan fasilitas yang baik dan terjaga, adanya Guru Pendamping yang selalu siap membantu dan lain-lain. Adapun faktor penghambat Program Full Day School dapat ditemukan menjadi 22 poin antara lain masih adanya beberapa siswa yang prestasi akademiknya dibawah target kurikulum, masih adanya keraguan yang terdengar dari sebagian masyarakat terhadap Program full day school .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen ,Strategi, Program, Full Day School.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:01
Last Modified: 06 Feb 2019 08:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5019

Actions (login required)

View Item View Item