STRATEGI PEMBELAJARAN SARAF PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH, KEMBARAN, BANYUMAS

ALI ZAENAL ABIDIN, NIM. 102332087 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN SARAF PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH, KEMBARAN, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALI ZAENAL ABIDIN_STRATEGI PEMBELAJARAN S{ARAF PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH, KEMBARAN, BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

STRATEGI PEMBELAJARAN S}ARAF DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH, KEMBARAN, BANYUMAS ALI ZAENAL ABIDIN NIM : 102332087 ABSTRAK Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu, artinya disini bahwa arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan, sehingga penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Namun sebelumnya perlu dirumuskan suatu tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya. Ilmu s}araf adalah ilmu yang mengkaji asal usul kata maupun perubahan bentuk kata, baik berubahnya karena ada penambahan maupun pengurangan, sehingga bentuk kata dapat diketahui dan dibedakan. Strategi pembelajaran s}araf adalah kegiatan pembelajaran yang dikerjakan guru dan peserta didik yang telah direncanakan dan didesain untuk menyampaikan materi s}araf, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi s}araf agar tujuan pembelajaran s}araf dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi pembelajaran s}araf di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh, Kembaran, Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran s}araf di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh yang dilaksanakan dari awal proses sampai akhir pembelajaran adalah dengan berbagai macam strategi, di antaranya yaitu ceramah dan menghafal, strategi pengambilan kesimpulan, pengalaman penting, panduan membaca, saling tukar pengetahuan, panduan mengajar, kekuatan dua kepala, belajar model jigsaw, belajar dari teman, memberi pertanyaan dan menerima jawaban, belajar terus, membuat contoh praktek, analisis kesalahan, strategi ceramah plus. Selain dalam pembelajaran, ada juga pembiasaan di luar pembelajaran, seperti hafalan ams\ilah tas}rifiyah, diskusi tematik, muh}adas\ah menggunakan bahasa Arab Fus}ha. Materi s}araf juga sering dijelaskan di pelajaran lain, seperti: ustaz\ menanyakan kepada santri dan menjelaskan asal kata dari kalimat yang sedang dibaca pada saat pengajian kitab-kitab fiqh, tafsir, hadis\, akhlaq. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran s}araf adalah dengan pengamatan langsung dalam proses kegiatan pembelajaaran juga melalui ujian akhir pada tiap semester. Kata kunci: Strategi pembelajaran s}araf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:54
Last Modified: 22 Jul 2016 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item