PENGARUH HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN BANYUMAS

YUNITA PRASETYANINGSIH, NIM. 1223301222 (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MTS MA’ARIF NU 1 KEBASEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
YUNITA P_PENGARUH HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar dan mencapai prestasi belajar, yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern adalah yang berasal dari dalam peserta didik, misalnya: motivasi, minat, bakat, sikap, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri peserta didik, misalnya keadaan ekonomi sosial, lingkungan, sarana prasarana, guru, kurikulum, dan sebagainya. Berkaitan dengan uraian di atas, maka setiap peserta didik memiliki sikap/perilaku yang baik diharapkan dapat mendukung dalam mengikuti kegiatan proses belajar dengan baik, sehingga dapat meraih hasil belajar yang tinggi. Begitupun dengan peserta didik yang memiliki hasil belajar yang tinggi diharapkan bisa memiliki perilaku yang baik sebagai bentuk pemahaman dan pengamalan dari materi pelajaran akidah akhlak yang di dapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitiannya sendiri adalah prestasi belajar dan akhlak siswa MTs Ma’arif NU 1 Kebasen. Sampel penelitian ini adalah 172 responden dari kelas VII, VIII, IX. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya nilai R Square (R^2) adalah 0,536 atau ketika dibuat dalam bentuk persen adalah 53,6%. Artinya besarnya pengaruh variabel X (hasil belajar akidah akhlak) terhadap Y (perilaku siswa) adalah 53,6%. Sehingga terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan hasilnya Y ̂ = 31,668 + 0,817 X yang mengandung arti bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 31,668. Koefisien regresi sebesar 0,817 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (hasil belajar akidah akhlak) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (perilaku siswa) sebesar 0,817.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar dan Perilaku Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:53
Last Modified: 06 Feb 2019 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item