Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas

Slamet Nuryanto, NIM. 1522605060 (2018) Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA PURWOKERTO BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan ruh dalam sebuah pendidikan. Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah mengembangkan dan melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Pendidikan akan mampu melahirkan anakanak bangsa yang cerdas dan terampil ketika kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dasar peserta didik. Dewasa ini, pengembangan kurikulum oleh lembaga pendidikan menjadi hal yang sangat dibutuhkan agar lembaga tersebut dapat bersaing dalam memberikan jaminan mutu pendidikan kepada masyarakat. Salah satu sekolah yang terbilang baru di Kabupaten Banyumas yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas. Adapun fokus masalah penelitian ini yaitu tentang manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas?”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian sebagai respondennya adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian, untuk mendapatkan hasil penelitian peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, adapun prosesnya terdiri atas: Reduksi Data, Display/ Penyajian Data, dan mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Setelah itu dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas sebagai berikut: proses manajemen kurikulum dilakukan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto Banyumas menggunakan konsep yang dipakai oleh model Hilda Taba. Sekolah ini menerapkan pelaksanaan KBM dengan model sentra, yaitu siswa berpindah-pindah kelas sesuai jadwal sentra di hari tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum, dan manajemen kurikulum.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 23 Jan 2019 00:28
Last Modified: 23 Jan 2019 00:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item