MANAJEMEN KELAS INTENSIVE DI MTs RAUDLATUL HUDA Ya BAKII ADIPALA KABUPATEN CILACAP

AGUS SYAMI PUTRI, NIM. 1423303002 (2018) MANAJEMEN KELAS INTENSIVE DI MTs RAUDLATUL HUDA Ya BAKII ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AGUS SYAMI PUTRI_MANAJEMEN KELAS INTENSIVE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas intensive pada MTs Raudlatul Huda Adipala yaitu melaksanakan kegiatan pengelolaan berdasarkan pola fikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi secara terpadu guna mendukung tercapainya tujuan. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa MTs Raudlatul Huda Adipala Kabupaten Cilacap merupakan Madrasah Tsanawiyah yang menerapkan adanya program kelas intensive dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan bagi anak yang memiliki potensi, kecerdasan unggul serta budi pekerti. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas intensive di MTs Raudlatul Huda Adipala Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Kepala MTs Raudlatul Huda Adipala, Penanggungjawab kelas intensive dan wali murid atau orang tua peserta didik kelas intensive. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas intensive di MTs Raudlatul Huda Adipala telah terimplementasi dengan optimal karena sudah memenuhi fungsifungsi manajemen. Ditandai dengan perencanaan kelas intensive yaitu adanya penetapan diadakannya kelas intensive dan persiapan penyelenggaraan kelas intensive. Pengorganisasian kelas intensive adanya pemilihan tenaga tim dan pembentukan tim pengelola kelas intensive yang sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci. Pelaksanaan kelas intensive yaitu adanya bentuk penyelenggaraan kelas intensive, penyeleksian peserta didik kelas intensive, proses belajar mengajar di kelas intensive, pemanfaatan sarana dan prasarana, pihak yang terlibat dan pembiayaan. Pengawasan kelas intensive ditandai dengan adanya promosi-promosi ke beberapa sekolah lain. Serta adanya evaluasi kelas intensive ditandai dengan adanya penilaian tengah semester, penilaian harian dan penilaian akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kelas Intensive
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:19
Last Modified: 18 Jan 2019 03:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item