PEMAHAMAN SISWA DISABILITAS TUNARUNGU SMPLB DAN SMALB B YAKUT PURWOKERTO TERHADAP ISI BERITA LIPUTAN 6 SIANG YANG MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO)

ASRI LESTARI, NIM. 1423102049 (2018) PEMAHAMAN SISWA DISABILITAS TUNARUNGU SMPLB DAN SMALB B YAKUT PURWOKERTO TERHADAP ISI BERITA LIPUTAN 6 SIANG YANG MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ARI LESTARI_PEMAHAMAN SISWA DISABILITAS TUNARUNGU SMPLB DAN SMALB B YAKUT PURWOKERTO TERHADAP ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Program berita televisi diwajibkan untuk menggunakan translasi bahasa isyarat untuk memfasilitasi kaum tunarungu dalam mendapatkan informasi terkini. Liputan 6 Siang merupakan program berita yang menggunakan bahasa isyarat, yaitu menggunakan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam setiap beritanya. BISINDO merupakan salah satu alat bantu bagi kaum tunarungu dalam berkomunikasi sesama tunarungu. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Statistik Prametik melalui SPSS 20.0 For Windows, yaitu dengan menggunakan Uji Paired Sample t-test yaitu melihat nilai rata-rata kedua kelompok yang berpasangan atau sama yang dilakukan terhadap data berwujud angka dengan tujuan menggeneral serta menguji teori. Sampel pada penelitian ini sebanyak 31 siswa. Pengujian hipotesis menunjukan thitung (-7.881) > ttabel (2.042) jadi Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pemahaman dalam isi berita Liputan 6 Siang yang menggunakan BISINDO pada siswa tunarungu. Hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis dari penelitian ini yaitu Ha atau hipotesis kerja diterima. Hasil angket penelitian rata-rata siswa menjawab yaitu Cukup Paham sebesar 48% terhadap berita Liputan 6 Siang yang menggunakan bahasa isyarat BISINDO dan yang menjawab sangat tidak paham sebesar 1%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa memiliki pemahaman yang cukup terhadap berita yang menggunakan BISINDO sebagai alat bantu komunikasi bagi penyandang tunarungu agar siswa tidak tertinggal dengan informasi terkini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berita, BISINDO, televisi, pemahaman.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.4 Service of People with Physical Disabilities
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:16
Last Modified: 18 Jan 2019 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item