SHOLIHUN, NIM. 143402102 (2018) UPAYA PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
UPAYA PENGAWAS MADRASAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan pelaksanaan pendidikan di madrasah minimal didukung empat unsur: guru, kepala madrasah, pengawas dan masyarakat. MI di Kecamatan Ajibarang saat ini ada 14 MI, dan 4 MI yang memiliki mutu yang baik yaitu MI Al Azhary, MIMA Ajibarang Kulon, MIM Ajibarang Kulon, dan MIMA Pancasan 2. Bahkan MIMA Pancasan 2 hampir setiap tahun selalu menduduki peringkat tertinggi pada pelaksanaan Ujian Sekolah. Anggapan bahwa madrasah merupakan lembaga pendidikan yang mutunya kurang baik terbantahkan. Hal ini tidak lepas dari strategi yang diterapkan oleh Pengawas Madrasah sebagai pembina sekaligus motivator keberhasilan MI. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah upaya Pengawas Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas? Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah: mengetahui upaya yang dilakukan Pengawas Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan MI dengan melalukan pendekatan secara individu dan kelompok. Dari hasil observasi terhadap kegiatan Pengawas Madrasah, strategi yang diterapkan melalui pendekatan individu dan kelompok dilakukan untuk membimbing kepala madrasah dan guru dalam merumuskan tujuan, maupun program MI, serta melakukan pembinaan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Kesimpulan penelitian yaitu: 1) Upaya yang dilakukan oleh Pengawas Madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI adalah dengan menerapkan pendekatan, teknik, metode, dan strategi yang disusun melalui perencanaan yang matang untuk diimplementasikan dalam kegiatan bimbingan ke MI. 2) Pencapaian mutu pendidikan di MI Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah mutu proses dan mutu hasil. Yaitu siswa senang dan aktif mengikuti materi ajar, siswa memahami dan mengamalkan materi ajar yang disampaikan guru, nilai ujian siswa di atas rata-rata. Mutu keluaran MI Al Azhary, MIMA Ajibarang, MIM Ajibarang, dan MIMA Pancasan 2 telah mencetak siswa yang berprestasi sehingga dapat melanjutkan ke sekolah yang diidam-idamkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Pengawas Madrasah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sdr Prakerin 123 |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 03:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 03:07 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4909 |
Actions (login required)
View Item |