PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Mu’minah, Mu’minah (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
Mu'minah_Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Pembelajaran Ips Di Mi Diponegoro 1 Purwoke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur, KabupatenBanyumas. Pembelajaran aktif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa dilibatkan langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga akan mengasah ranah kognitif, afektif dan psikomtorik. IPS adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah yang cukup penting untuk dipelajari agar siswa dapat melakukan interaksi dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Penelitian ini fokus penelitiannya yaitu: “Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS di MI Diponegoro 1 purwokerto lor” khususnya di kelas IV dan V. Penelitian di laksanakan di MI Diponegoro 1 karena guru menerapkan strategi pembelajaran aktif sehingga siswa lebih semangat dalam belajar, terdapat belajar bersama di halaman kelas, merupakan salah satu sekolah yang disiplin dan nilai siswa dapat mencapai KKM. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan metode 1) Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS, 2) Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS, 3) Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdirinya MI, struktur organisasi, keadaan siswa, guru dan RPP. Analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman, adapun teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran IPS di MI Diponegoro 1 purwokerto lor, strategi yang diterapkan yaitu: Everyone Is A Teacher Here, Reading Aloud, Information Search, Small Group Discussion, Reading Guide, Card Sort, Index Card Match dan Ceramah Interaktif. Adapun langkah-langkah yang digunakan sudah sesuai dengan teori yang diterapkan dalam strategi pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2016 01:08
Last Modified: 21 Jul 2016 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item