IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP PILOT PROJECT KABUPATEN CILACAP

SYUKRON ZABIDI, NIM. 1617661026 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP PILOT PROJECT KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
File 2_Cover, Pengesahan, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka_New.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3_Tesis Lengkap_Syukron Zabidi_New.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran, dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Pilot Project sebagai sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Pilot Project Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Pilot Project Kabupaten Cilacap yang diwujudkan dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkahlangkah pembuatan RPP dalam Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam pelaksanaan pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran juga menggunakan model pembelajaran yang variatif. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah memuaskan yakni siswa mendapatkan rata-rata nilai sebesar 88,5 dan telah melewati KKM yang ditetapkan yakni 75.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, PAI dan Budi Pekerti, SMP Pilot Project, Kurikulum 2013.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:08
Last Modified: 07 Jan 2019 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item