IMPLIKASI INOVASI PRODUK TERHADAP KEUGGULAN BERSAING PRODUK GULA KRISTAL ORGANIK KELOMPOK TANI SEKAR MANCUNG DI DESA KEMAWI KECAMATAN SOMAGEDE

AMALYA NUR LAILI, NIM: 1423203085 (2018) IMPLIKASI INOVASI PRODUK TERHADAP KEUGGULAN BERSAING PRODUK GULA KRISTAL ORGANIK KELOMPOK TANI SEKAR MANCUNG DI DESA KEMAWI KECAMATAN SOMAGEDE. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AMALYA NUR LAILI_IMPLIKASI INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PRODUK GULA KRISTAL ORGANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Gula kelapa merupakan produk rumahan yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat di Desa Kemawi. Pada umumnya kebanyakan dari masyarakat tersebut hanya memproduksi gula kelapa seperti generasi terdahulu yaitu dicetak biasa seperti pada umumnya. Sehingga menyebabkan rendahnya nilai dari gula kelapa. Dari keadaan tersebut Kelompok Tani Sekar Mancung melakukan upaya untuk meningkatkan nilai dari gula kelapa, dengan melakukan inovasi. Yaitu menciptakan produk gula kelapa yang tadinya hanya dicetak biasa menjadi gula kelapa kristal organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi inovasi produk terhadap keunggulan bersaing gula kelapa kristal organik di Desa Kemawi Kecamatan Somagede. Inovasi produk memiliki tiga atribut yang dikatakan oleh Kotler dan Armstrong yaitu, kualitas produk, fitur produk, gaya atau desain produk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian adalah kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian disajikan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur yaitu: reduksi data, display data, pengambilan keputusan dan verifikasi data. Tekhnik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga mendapat pemahaman semestinya. Hasil penelitian ini menyatakan adanya implikasi dari inovasi produk terhadap keunggulan bersaing produk, yaitu nilai dari gula kelapa cetak yang rendah setelah dilakukannya inovasi mampu meningkat dan stabil. Bahkan mampu menembus pasar ekspor. Inovasi yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sekar Mancung dari segi fitur memiliki keistimewaan produk yang dihasilkan tidak tercampur dengan bahan kimia, memiliki desain atau rancangan yang lebih baik dan lebih mudah diaplikasikan, dari segi kualitas memiliki standar sendiri seperti kadar air yang terkandung harus dibawah 2%, sehingga gula kristal yang kering dan mampu bertahan lebih lama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Gula Kristal Organik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 16 Jan 2019 00:34
Last Modified: 16 Jan 2019 00:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item