NANANG ASRU DAROJAT, 1423301329 (2018) METODE MENGHAFAL JUZ ’AMMA DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
NANANG ASRU DAROJAT_METODE MENGHAFAL JUZ 'AMMA DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwasanya pada zaman sekarang banyak usia remaja bahkan dewasa, belum bisa membaca bahkan belum hafal juz ‟amma. Hafalan juz ‟amma sangat penting nantinya ketika sudah dalam hidup bermasyarakat,oleh karena itu pada zaman sekarang banyak lembaga formal maupun non formal yang menerapkan hafalan juz ‟amma sebagai salah satu program yang diterapkan. Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan salah satu pondok yang mementingkan hafalan juz ‟amma untuk mencetak santri yang mampu menghafal juz ‟amma.Penelitian ini fokus pada : “Bagaimana metode menghafal juz ‟amma bagi santri”. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jumlah santri di Pondok Pesantren tersebut berjumlah 676 santri. dan mayoritas santrinya adalah mahasiswa sehinggap apa metode yang diterapkan dalam menghafal juz ‟amma disana menarik untuk diteliti. Tujuan penlitian dilakukan untuk mengetahui tentang metode menghafal juz ‟amma, mengetahui faktor pendukung dan pengambat metode menghafal juz ‟amma di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah metode menghafal juz ‟amma di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, Sedangkan metode pengumpulan datanya, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yamg digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, dapat diambil kesimpulan, bahwa metode menghafal juz ‟amma di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto, secara umum ada enam metode yaitu, metode menyetorkan hafalan kepada ustaz (sabak), wahdah, jama’,sima’i, mengulang hafalan dengan teman (tasmi), dan memperbaiki bacaan (tahsin). Secara khusus, terdapat satu metode yang di terapkan ketika menghafal juz ‟amma yaitu metode tutor sebaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode menghafal, menghafal juz 'amma, Pondok Pesantren Al-Hidayah , tahfiz Karangsuci Purwokerto |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 00:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 00:31 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4827 |
Actions (login required)
View Item |