Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih “Kelas Takhasus” Di Madrasah Aliyah Darunnajat Tegalmunding Pruwatan Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016

ISMAWATI, ISWAMATI (2016) Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih “Kelas Takhasus” Di Madrasah Aliyah Darunnajat Tegalmunding Pruwatan Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKRERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
ISMAWATI_Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih Kelas Takhasus di Madrasah Aliyah Darunnajat Tegalmunding Pruwatan Breb~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam pembelajaran adalah keterampilan metode pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran makin tepat metode pembelajaran yang digunakan maka makin efektif dan efisien kegitan pembelajaran. Apalagi dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih yang tidak sekedar terkonsentrasi pada persoalan teroritis dan kognitif semata, akan tetapi juga sekaligus mampu mempraktikan dan menerapkan hukum islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia, makhluk lainya ataupun lingkungan-Nya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran mata pelajaran fiqih kelas takhasus di Madrasah Aliyah Darunnajat Tegalunding Pruwatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MA Darunnajat Tegalmunding Pruwatan. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran mata pelajaran fiqih kelas takhasus di MA Darunnajat Tegalmunding Pruwatan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru mata pelajaran fiqih kelas takhasus dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat pemilihan metode dalam pembelajaran Fiqih pada kelas takhasus di Madrasah Aliyah Darunnajat Tegalmunding Pruwatan, yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode metode praktik, dan metode hafalan. Dalam penerapan metode ceramah, guru menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa. Metode tanya jawab, guru memberikan pertanyaan yang mudah dimengerti dan mudah dijawab oleh siswa. Penerapan metode tanya jawab dilakukan sebelum materi pembelajaran dan ketika pelajaran berlangsung. Metode praktik, siswa mempraktikan sesuatu sesuai dengan materi yang disampaikan guru. Selain metode tersebut juga terdapat metode hafalan, metode hafalan dilakukan pada saat belajar malam berlangsung. Dalam penerapan metode hafalan, guru hanya menerima setoran hafalan dari siswa saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Fiqih, Kelas Takhasus, Madrasah Aliyah Darunnajat
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 Jul 2016 01:06
Last Modified: 12 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item