Pengembangan Maharah Al-Istima’ melalui Bi’ah Lughowiyah di MTs Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas

Luthfiyah Az Zahrah, 1223302029 (2018) Pengembangan Maharah Al-Istima’ melalui Bi’ah Lughowiyah di MTs Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
Luthfiyah Az Zahrah_PENGEMBANGAN MAHARAH AL-ISTIMA’.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Maharah al-istima’ merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai oleh siswa dalam belajar bahasa Arab agar memiliki keterampilan bahasa yang komprehensif. Oleh karena itu kegiatan pengembangan maharah al-istima’ menjadi sangat penting bagi MTs PPPI Miftahussalam Banyumas, di samping 3 keterampilan berbahasa lainnya, yakni: berbicara, membaca, dan menulis. Berbeda dengan MTs lain di wilayah Kabupaten Banyumas yang umumnya hanya memberikan dua atau tiga keterampilan saja, dan mengesampingkan keterampilan menyimak. Oleh karena itu penelitian ini meneliti tentang pengembangan maharah al-istima’ melalui bi’ah lughowiyah di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas. Rumusan masalah yang diajukan adalah: Bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan maharah al-istima’ melalui bi’ah lughowiyah di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Sumber data yang dipilih adalah siswa siswi MTs PPPI Miftahussalam Banyumas, guru bahasa Arab, dan Kepala MTs PPPI Miftahussalam Banyumas. Adapun metode yang digunakan dalam analisis data adalah analisis interaktif yang dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data melalui 3 kegiatan, yakni: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan maharah al-istima’ melalui bi’ah lughowiyahdi Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam (MTs PPPI) Miftahussalam Banyumaspada tahun pelajaran 2017/2018 semester genap secara terintegrasi dalam bi’ah lughowiyah selama 3 hari setiap minggunya dan secara khusus dilaksanakan selama 3 jam pada tiap hari Sabtu dengan pengawasan guru Bahasa Arab. Tujuan pengembangan maharah al-istima’ adalah untuk mengenali bunyi kata, kalimat yang diperdengarkan oleh guru, dan menerjemahkan kalimat sederhana yang diperdengarkan guru atau media lain. Adapun strategi yang digunakan dalam pengembangan adalah strategi true and false, strategi merekam, dan strategi mengungkapkan kembali. Dengan strategi tersebut juga kegiatan evaluasi dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Maharah al-Istima’, Bi’ah Lughowiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2018 06:34
Last Modified: 28 Nov 2018 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item